Kiat Cerdas Bermedia Literasi Bagi Kaum Millenial

Pendidikan —Senin, 8 Nov 2021 16:09
    Bagikan  
Kiat Cerdas Bermedia Literasi Bagi Kaum Millenial
ilustrasi/pinterest

BANDUNG, MATAPRIANGAN.COM.- Kemajuan teknologi saat ini berkembang pesat. Semua informasi dapat dengan mudah diakses. Kemajuan teknologi itu bagaikan pisau bermata dua. Di satu sisi, kemajuan itu berdampak positif. Tapi, di sisi lainnya teknologi akan berdampak negative bagi penggunanya. Kemajuan teknologi dan informasi juga memberikan kita kebebasan untuk mengekspersikan dirinya.

MasyArakat Indonesia sebagai konsumen dari informasi masih banyak sekali yang belum dapat memilih antara berita yang benar dan hoaks. Lebih parahnya lagi, tidak sedikit kaum milenial terbawa arus dan trend yang negative.

Contohnya, pembully-an secara tidak sadar di media sosial, ikut menyebarkan berita hoaks secara tidak sadar, memprovokasikan berita hoaks, dan sikap intoleran kepada Pancasila. 

Literasi media itu kalian tau engga sih apa artinya literasi media? Literasi  media, yang dikutip dari Wikipedia itu berarti kemampuan untuk memahami, menganalisa, dan mendekontruksi pencitraan media.

Baca juga: Marquez Merasakan Perbedaan Terbesar Sejak Bergabung dengan Honda

Kemampuan untuk melakukan hal ini ditujukan agar pemirsa sebagai konsumen media (termasuk anak-anak) menjadi sadar (melek) tentang tata cara media di kontruksi (dibuat dan diakses). Dengan banyaknya berita hoaks yang beredar dapat berdampak negative pada masyrakat.

Pertama, merugikan masyrakat karena hoaks berisi kebohongan dan fitnah. Kedua, hoaks dapat memecah belah masyarakat. Ketiga, hoaks menciptkan ketakutan  dan keresahan masyarakat. Dan yang terakhir, hoaks membuat kebencian dan kemarahan sebagian orang.

Sebagai kaum milenial, kita harus kritis saat mengakses dan membaca media. Tidak semua tautan yang trdapat di media berisi berita yang benar. Alangkah baiknya, jika kita mengkonfirmasi berita tersebut dengan sumber lainnya. Nah, kira-kira gimana ya caranya supaya kita terhindar dari berita hoaks?

Baca juga: The Mystical Story of the Bahureksa Ambulance That Always Annoys Locals

Cerdas memilih media, kamu harus cerdas ya dalam memilih media. Sebagai kaum milenial udah pasti dong kalau sobat erat dengan media sosial. Kita, sebagai generasi milenilal harus cerdas dalam memlilih media. Salah-salah kita bisa terjerumus lhoooo! Tidak sedikit, kaum milenial yang terbawa media yang sering dibacanya.

Nah, untuh menghindari kita terjerumus kedalam media yang salah. Sobat harus selalu penasaran loh dengan pesan yang tertulis di media. Jangan sampai, sobat menerima pesan tersebut dengan mentah-mentah. Sobat harus selalu mencari fakta dengan membandingkan berita yang di dapat dengan sumber-sumber lainnya.

Baca juga: Ini Makanan yang Wajib Kamu Coba Saat Berlibur ke Bandung

Selain itu, kamu juga harus selalu mencari keaslian dari halaman situs tersebut. Gak sedikit, para pembuat hoax membuat situs khusus loh untuk melancarkan aksinya. Foto yang kamu dapat juga harus di cek ke asliannya. Banyak sekali, foto-foto dalam berita sudah dimanipulasi oleh pelaku agar berita yang kalian baca terlihat lebih real.

Lalu, sobat harus menahan diri untuk tidak langsung berkomentar dan membagikan berita yang sobat dapat di media. Dan yang terakhir, sobat janga sungkan ya untuk melaporkan kalau sobat dapat berita hoaks di media manapun.

Sebagai generasi milenial, kita harus sama-sama berliterasi media. Yuk kita cerdas berliterasi!-zz- 

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait