Metode Jarimatika, Cara Menghitung Perkalian dengan Mudah dan Cepat

Pendidikan —Sabtu, 6 Nov 2021 09:44
    Bagikan  
Metode Jarimatika, Cara Menghitung Perkalian dengan Mudah dan Cepat
Metode Jarimatika, Cara Menghitung Perkalian dengan Mudah

MATAPRIANGAN

Matematika merupakan ilmu yang mempelajari besaran, ruang, besaran dan struktur. Matematika sering di kelompokkan kedalam tiga bidang, diantaranya analsii, aljabar dan geometri.

Belajar matematika sangat menyenangkan dan tidak membosankan karena setiap materi yang ada di pelajaran ini membutuhkan ketelitian kita untuk berhitung.

Biasanya sebagian orang mengandalkan kalkulator sebagai alat penghitung, tetapi sebenarnya banyak sekali cara yang mudah untuk menghitung soal matematika, diantaranya dengan cara jarimatika.

Jarimatika atau singkatan dari jari dan matika adalah cara berhitung matematika menggunakan jari tangan dengan metode yang sangat mudah. Jarimatika ini di kembangkan oleh Septi Peni Wulandari. Logika penggunaan jarimatika sama dengan logika penggunaan sempoa.

Menghitung perkalian memang tidak semudah menghitung pengurangan, tetapi dengan adanya jarimatika, kamu akan merasa mudah ketika menghitung perkalian.

Biasanya perkalian 1 sampai 5 mudah diingat, sedangkan perkalian 6 sampai 9 membutuhkan waktu untuk mengingatnya.

Baca juga: Mitos Tentang Makhluk Halus yang Mengambil Bayi Dalam Kandungan

Baca juga: Doing Various Interesting Activities on Komodo Island, East Nusa Tenggara


Cara menghitung perkalian 6 sampai sepuluh menggunakan jarmatika yaitu:

1. pertama-tama kamu harus mengasumsikan jari jempol adalah 6, jari telunjuk adalah 7, jari tengah adalah 8 dan jari manis adalah 9.

Metode Jarimatika/ Fto: Istimewa

2. Misalkan, kamu menemukan soal perkalian 7 x 7 disoal, maka jari yang harus ditekuk adalah:

- Jari jempol dan telunjuk di tangan kanan di tekuk

- Jari jempol dan telunjuk di tangan kiri di tekuk

3. Jari yang menekuk itu yang harus di jumlahkan jari kanan dan kiri dengan posisi puluhan. Sementara jari yang berdiri atau tidak di tekuk harus dikalikan antara kanan dan kiri dengan posisi satuan.

Baca juga: Tim Riset MTs NU Banat Kudus Raih 2 Medali Emas dan 2 Medali Perak di Ajang Internasional ISIF 2021

Baca juga: Kabar Para Pemain Persib yang Semakin Membaik dari Cedera yang Dialami


4. Untuk menyelesaikan soal 7 x 7, jari yang di tekuk jumlahnya ada 4, karena jari yang di tekuk menempati posisi puluhan, berati 40. Sedangkan jari yang berdiri di jari kanan ada 3 dan jari kiri ada 3, maka 3 x 3 hasilnya 9. Hasil akhir dari perkalian 7 x 7 adalah 40 + 9= 49

Jarimatika Perkalian 7x7/ Fto: Istimewa

5. Jika soal yang di temukan perkalian 9 x 8, maka jari yang di tekuk sebelah kanan jumlahnya 4 dan jari sebelah kiri jumlahnya 3. Jadi jumlah keseluruhan jari yang menekuk ada 7 dan menempati posisi puluhan jadi 70. Sedangkan jari yang berdiri di jari kanan ada 1 dan jari kiri ada 2, maka 1 x 2= 2. Hasil akhir dari perkalian 9 x 8 adalah 70 + 2= 72

Jarimatika Perkalian 9x8/ Fto: Istimewa

Cara menghitung dengan metode jarimatika diatas sangat memudahkan kita untuk menghitung jumlah perkalian. Mau berapapun soal perkalian yang kamu temukan, selagi itu bilangan dari 6 sampai 9 maka cara mengerjakan jarimatikanya seperti contoh diatas. (NL)

Baca juga: Simak! Sejarah Mata Uang Sesuai dengan Perkembangan Zaman

Baca juga: 6 Sholawat dan Artinya yang Dapat Diamalkan untuk Merayakan Maulid Nabi SAW 2021

Baca juga: Kunci Sukses? Bacalah Amalan Dzikir Ini Agar Kalian Sukses Dan Selalu Beruntung Pendidikan —Jumat, 22 Oct 2021 14:16

Baca juga: Siaran Pers PWI Pusat

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait