Jauh-jauh dari Lampung, Bupati Pesawaran Tukar Pikiran dengan Ganjar Pranowo

News —Jumat, 12 Nov 2021 09:22
    Bagikan  
Jauh-jauh dari Lampung, Bupati Pesawaran Tukar Pikiran dengan Ganjar Pranowo
Jauh-jauh dari Lampung, Bupati Pesawaran Tukar Pikiran dengan Ganjar Pranowo/ Fto: istimewa

SEMARANG, MATAJATENG

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima kunjungan dari Dendi Ramadhona, Bupati Pesawaran Provinsi Lampung, di rumah dinas Puri Gedeh, Kamis (11/11/2021). Dalam kesempatan itu keduanya saling bertukar pikiran mengenai pola pembangunan dan kebijakan di daerah masing-masing.

Dendi Ramadhona mengatakan Kabupaten Pesawaran dan Jawa Tengah memiliki ikatan historis. Daerah itu lahir karena banyak transmigran dari Jawa Tengah, di antaranya Bagelen, Karanganyar, dan Kutoarjo.

"Saya dari Kabupaten Pesawaran silaturahim ke beliau, sowan karena daerah saya itu cikal bakalnya juga dari Jawa Tengah, ada dari Bagelen Karanganyar, dan Kutoarjo. Saya bertukar pikiran dengan Bapak Gubernur yang luar biasa," kata Dendi saat usai bertemu Ganjar.

Pernyataan Dendi tersebut juga diperkuat dengan buku naskah arsip "Penelusuran Sejarah Kolonisasi Desa Bagelen Kecamatan Gedong Tataan Afdeeling Telok Betong (1905-1930)". Dalam buku itu disebutkan wilayah Pesawaran merupakan lokasi transmigrasi pertama yang dipilih pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1905. Proyek itu juga disebut kolonisasi  masyarakat Kedu di Pulau Jawa ke daerah Gedong Tataan, Telok Betong, Lampung.

Baca juga: Ganjar Kumpulkan Bupati/Wali Kota dan Pimpinan DPRD, Ingatkan Tidak Korupsi

Baca juga: Merinding! Ini 5 Ciri Kehadiran Pocong Disekitar Kita

Ikatan historis itu juga yang membuat Dendi berusaha menggali ilmu dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, khususnya terkait pola-pola pembangunan dan kebijakan di Jawa Tengah.

"Kami minta masukan agar bisa kami aplikasikan di Kabupaten Pesawaran kami tercinta. Hampir satu jam kami berbincang, rupanya keluar semua ilmunya dan insyaallah akan kami aplikasikan segala wejangan dan juga program beliau yang berhasil di Jawa Tengah untuk dibuat di Kabupaten Pesawaran," katanya.

Pada akhir pertemuan, Ganjar Pranowo dan Dendi saling bertukar cinderamata. Ganjar menerima peci tapis sulam jelujur khas Lampung. Peci tersebut diproduksi di Desa Sungai Langka, Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran. Sementara Dendi menerima cinderamata dari Ganjar berupa kain lurik Klaten dan beberapa produk UMKM dari Jawa Tengah.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga menitipkan salam kepada masyarakat Kabupaten Pesawaran melalui video singkat yang direkam sendiri oleh Dendi.

"Salam buat semua warga Pesawaran," kata Ganjar. (Solikun)

Baca juga: CJIBF Digelar, Dalam Sehari Berhasil Gaet 26 Investor Dengan Total Investasi Rp6 Triliun

Baca juga: Kebutuhan Literasi Digital Generasi Muda di Indonesia Timur

Baca juga: Ganjar Silaturahmi ke Sedulur Sikep Samin, Bangun Akses Air Bersih

Baca juga: Hadiri HUT AMS Ke 55, Ini Yang Di Sampaikan Ridwan Kamil

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait