Tim Riset MTs NU Banat Kudus Raih 2 Medali Emas dan 2 Medali Perak di Ajang Internasional ISIF 2021

News —Jumat, 5 Nov 2021 10:53
    Bagikan  
Tim Riset MTs NU Banat Kudus Raih 2 Medali Emas dan 2 Medali Perak di Ajang Internasional ISIF 2021
Tim Riset MTs NU Banat Kudus Raih 2 Medali Emas dan 2 Medali Perak di Ajang Internasional ISIF 2021

KUDUS, MATAPRIANGAN

Tim riset MTs NU Banat Kudus berhasil meraih medali emas dan medali perak di ajang International Sience and Invention Fair (ISIF) 2021. Sebanyak 2 medali emas (gold medal) diraih oleh 2 tim riset, yakni tim MER dan tim Gedor Lakon, serta 2 medali perak (silver medal) diraih oleh 2 tim riset yang lain, yakni tim Kopiko dan tim Maja Native.

Tim MER beranggota Najwa Rusyda Kamila dan Armilda Aulia Hakim. Tim Gedor Lakon beranggota Syatta Imtiyas dan Dea Maulina. Tim Kopiko beranggota Nahla Elma Zidna, Syifa Al Fauzia, Belva Nasywa, dan Aisha Kamila Gussaldy. Adapun tim Maja Native beranggota Shira Narda Nawafa, Sabrina Aulia Hasna, dan Bunga Putri Maysarah.

Salah seorang guru pembimbing tim riset, Maila Shofa, S.Si., mengatakan bahwa presentasi lomba ISIF 2021 telah dilaksanakan secara virtual pada tanggal 26 Oktober 2021 yang diikuti oleh peserta dari berbagai negara. Penyelenggara ISIF adalah IYSA (International Young Scientist Association). Ada sekitar 36 negara peserta lomba ISIF, mulai tingkat elementary, secondary, hingga mahasiswa.

“Ada empat tim riset MTs NU Banat Kudus yang ikut presentasi. Alhamdulillah keempat tim riset ini mendapatkan empat medali, yakni 2 emas dan 2 perak,” ungkap Meila di madrasah usai pengumuman ISIF pada 1 November 2021.

Baca juga: Food Recipes: How to Make Japanese Royce Chocolate Easily and Cheaply

Baca juga: Vanessa Angel mengalami kecelakaan di Tol Jombang, Jawa Timur

Salah satu anggota tim Kopiko, Aisha Kamila Gussaldy, mengatakan bahwa timnya merasa bersyukur dapat memperoleh medali perak dan mempersembahkan untuk sekolah. Aisha yang masih kelas 7 merasa senang bisa bergabung dengan kakak tingkatnya.

"Ini merupakan kesempatan pertama saya mengikuti kejuaraan tingkat internasional. Saya sangat senang karena diberi kesempatan bisa bekerja sama dalam satu tim dan mempersembahkan medali untuk madrasah tercinta," katanya.

Sementara itu, Kepala MTs NU Banat Kudus, Nor Khusomah, M.Pd., mengatakan bahwa tahun 2021 ini ada lima tim riset yang melakukan riset dan mengikuti lomba, baik tingkat nasional maupun internasional. Selain empat tim itu, tim riset Becak Wisata telah masuk dalam lima belas besar tingkat nasional yang akan diuji kembali untuk melakukan presentasi.

“Saya merasa bersyukur karena tim riset kami bisa memboyong empat medali sekaligus di ajang internasional ISIF tahun ini. Semoga barokah dan menginspirasi semua pihak, baik siswa, guru, maupun warga madrasah lain,” kata Khusomah di kantornya.

Khusomah menjelaskan bahwa pihaknya akan terus berupaya menumbuhkembangkan bakat dan minat siswa melalui kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. “MTs NU Banat Kudus telah ditunjuk Dirjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama, sebagai madrasah penyelengara riset. Kami akan memfasilitasi siswi-siswi kami untuk melakukan riset," jelasnya. (Amir)

Baca juga: Siaran Pers PWI Pusat

Baca juga: Polsek Babakan Ciparay Tangkap Preman yang Aniaya Pedagang Pasar di Bandung

Baca juga: Pasca Tutupnya Rute Damri, Dishub Kota Bandung Tambah 6 Unit Armada TMB

Baca juga: Kadin Kota Bandung Menggelar Musyawarah Kota (MUKOTA VIII)

Editor: Laila
    Bagikan  

Berita Terkait