5 Hal Yang Terjadi Ketika Kurang Tidur

Kesehatan —Kamis, 11 Nov 2021 14:20
    Bagikan  
5 Hal Yang Terjadi Ketika Kurang Tidur
Ilustrasi Tertidur/pint

Tidur adalah salah satu kebutuhan pokok kita sebagai makhluk hidup. Setidakya kita harus tidur selama 6-8 jam dalam satu hari untuk istirahat yang maksimal. Kekurangan jam tidur mungkin saja terjadi karena beberapa faktor seperti kegiatan bekerja ataupun belajar.

Jika kekurangan waktu tidur, akan ada beberapa dampak yang akan kita rasakan. Ini dia 5 gangguan kesehatan akibat kekurangan tidur.

  1. Insomnia dan Penyakit Kardiovaskular

Kurang tidur dapat menyebabkan masalah serius insomnia. Insomnia sendiri adalah gangguan sulit tidur atau tidur yang tidak nyenyak. Akibat dari insomnia yaitu penyakit jantung, baik irama jantung, gagal jantung ataupun serangan jantung.

Pengidap insomnia juga memiliki resiko lebih tinggi terkena diabetes, obesitas, troke, kanker dan gangguan kesehatan mental seperti kecemasan.

  1. Mudah sakit dan susah sembuh

Sistem kekebalan tubuh manusia memproduksi protein yang bernama sitokin yang berfungsi melawan infeksi, peradangan dan stres. Zat sitokin ini diproduksi oleh tubuh pada saat tidur sehingga jika kita kekurangan tidur, berburang juga zat sitokin di tubuh kita. Sehingga imun kita menurun dan memperlambat proses penyembuhan.

Baca juga: Plagiarisme dan Budaya Copy Paste Pelajar Millenial

Baca juga: Michael Edwards Akan Meninggalkan Direktur Liverpool Dengan Julian Ward Ditunjuk Sebagai Pengganti

  1. Performa seks menurun

Sebuah penelitian dilakukan pada pria dan wanita yang kekurangan jam tidur. Hasilnya adalah pria dan wanita yang kekurangan jam tidur akan mengalami menurunan hasrat seksualnya. Itu terjadi karena rasa lelah, mengantuk dan stres yang berlebihan akibat kurang tidur.

  1. Daya ingat menurun

Otak berfungsi untuk menyimpan dan mengolah semua ingatan yang dilakukan sehari-hari. Namun jika kekurangan tidur otak mengalami penurunan dalam kinerja menyimpan dan mengolah informasi. Hal itu terjadi karena mengantuk mengalihkan semua konsentrasi di otak.

  1. Munculnya tanda penuaan dini

Jika kekurangan jam tidur, kulit akan menjadi pucar dan mata akan membengkak serta adanya kehitaman di bawah mata. Jika berlangsung lama maka akan muncul garis halus, kerutan serta bintik hitam tanda penuaan dini. Tidak hanya itu, kekurangan tidur juga dapat menyebabkan munculnya jerawat./Reg.

Baca juga: 5 Hal yang Terjadi Pada Tubuh Jika Tidak Mengonsumsi Gula

Baca juga: Minuman Segar untuk Membersihkan Tubuh


Editor: Regina
    Bagikan  

Berita Terkait